HOMESTAY ATAU RUMAH WISATA

Homestay atau Rumah Wisata, ialah suatu usaha penyediaan akomodasi yang berupa rumah tinggal yang dihuni oleh pemiliknya dan dimanfaatkan sebagian untuk disewakan kepada wisatawan. Jangka waktu perhitungan sewanya dihitung harian. Homestay biasanya dikelola oleh pemilik perorangan, dan pemiliknya ikut tinggal di satu lokasi dengan lokasi homestay tersebut.

Dalam perkembangannya, pemilik homestay akan membangun sejumlah bangunan atau kamar-kamar baru di lokasi yang sama. Hal ini ditujukan untuk dapat menampung lebih banyak tamu yang menginap di homestay. Tetapi, untuk menjaga kategori penginapan tetap sebagai pondok wisata, pemilik harus tetap tinggal di lokasi penginapan, dan berstatus sebagai Kepala Keluarga. Dengan kata lain, semua tamu yang menginap disini berstatus sebagai anggota keluarga lainnya yang menginap di rumah wisata atau homestay. Karena itu, rumah wisata biasanya mempunyai ciri khas tersendiri yang tergantung pada keramahan, kebersihan, suasana rumah wisata, dan manajemen sederhana oleh pemilik homestay sebagai tuan rumah.

GUEST HOUSE

Pengertian Guest House, ialah bangunan yang memang khusus diperuntukkan untuk penginapan. Perbedaan dasarnya dengan Hotel, biasanya Guest House memberikan opsi menginap harian, maupun jangka panjang (mingguan, dan bulanan). Perbedaan lainnya ialah, Guest House memiliki fasilitas yang lebih sederhana daripada hotel. Walaupun begitu, pelayanan untuk makan dan minum serta fasilitas lainnya tetap ada meskipun tidak semewah layanan hotel.

Guest House merupakan akomodasi dengan fasilitas sederhana. Hampir sekelas dengan rumah wisata, namun jumlah kamar dan fasilitasnya pun lebih lengkap.

Perbedaan Guest House dengan Hotel ialah jumlah staf pada guest house lebih sedikit dan cenderung dikelola langsung oleh pemiliknya. Sedangkan Hotel dikelola oleh manajemen khusus dengan lebih banyak staf yang memberikan layanan 24 jam. Di Guest house, kehadiran staf atau lebih dikenal sebagai House Keeper tidaklah 24 jam, melainkan pada shift kerja tertentu, yang umumnya hanya 2 shift. House keeper akan bertanggung jawab menjaga kebersihan Guest House dan menyiapkan sarapan bagi para tamu (jika termasuk dalam harga layanan).

Perbedaan Guest House dan Homestay adalah dari tempat tinggal pemiliknya. Selain fasilitas guest harusnya lebih lengkap dari homestay. Perbedaan Guest House dan Homestay lainnya ada pada opsi durasi menginap. Di rumah wisata umumnya tamu menginap jangka pendek. Namun sekarang sudah banyak juga homestay yang menyediakan opsi long stay. Jadi dalam hal ini sudah mulai rancu perbedaannya. Hal ini kemungkinan besar karena faktor pemahaman pemilik atau pengelolanya. Mereka belum betul-betul mengerti perbedaan tiap-tiap kategori penginapan. Karena itulah kali ini IsoMili mengupas Perbedaan Guest House dan Homestay untuk diketahui.

KESAMAAN GUEST HOUSE DAN HOMESTAY

Membahas mengenai kesamaan antara kedua tipe akomodasi tersebut, IsoMili dapat menyimpulkan sebagai berikut:

  1. Keduanya sama-sama menyediakan akomodasi dengan harga yang terjangkau (murah) jika dibandingkan dengan hotel.
  2. Keduanya dikelola dengan manajemen sederhana oleh pemiliknya langsung. Umumnya tanpa perlu menggunakan badan hukum, hanya sebatas Sertifikat Usaha dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
  3. Keduanya sama-sama memiliki fasilitas yang sederhana, namun tetap mengutamakan kenyamanan, keamanan, kebersihan, dan ketersediaan keperluan tamu sehari-hari.
  4. Keduanya sama-sama bisa di booking di IsoMili.com

IsoMili.com menyediakan daftar Guest House dan Homestay murah dan nyaman yang dapat anda pilih dari direktori kami. Anda Bisa pilih guest house ataupun homestay yang paling sesuai untuk anda dari kolom pencarian dibawah ini.

Pengembangan website by IdeoPro Media