Pantai Sine yang berada di Tulungagung, Jawa Timur merupakan salah satu pantai di Jawa Timur dengan keindahan pasir dan ombaknya. Pantai ini sudah menjadi perkampungan nelayan dan ramai dikunjungi para wisatawan.

Akses menuju ke Pantai Sine yang berada di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung Jawa Timur ini tidak terlalu sulit dijangkau dan jalannya juga sudah bagus. Pemandangan di Pantai Sine bagus dan asri dengan ombaknya yang cukup landai, ditambah hamparan pasir putih yang ada di sepanjang bibir pantai. Di sana juga terdapat tebing dengan sumber mata air dan hutan yang masih alami. Pantai Sine juga dikenal sebagai Pantai Matahari Terbit Tulungagung, tapi sayang banget aku gak bisa nikmatin sunrise karena sampai ke Pantai Sine sudah siang.

Untuk urusan perut nggak perlu khawatir karena disana banyak berjajar warung makanan yang dominan menjajakan ikan bakar atau ikan asap. Buat wisatawan yang mau bawa pulang ikan segar sebagai oleh-oleh juga bisa lho belanja hasil tangkapan para nelayan sekitar. Harganya dijamin terjangkau banget. Selain keindahan panorama dan sunrise nya, ternyata setiap tanggal satu suro di Pantai Sine diadakan prosesi-prosesi adat seperti upacara memandikan keris & tombak, prosesi larung sesaji guna mengusir hal-hal buruk, dan kesenian wayang kulit. Seru banget ya!

Mengapa wisata di Pantai Sine saya sebut sebagai wisata komplit dan irit? Hal ini dikarenakan di Pantai Sine menawarkan banyak pilihan wisata tanpa mengeluarkan banyak biaya. Adapun obyek wisata yang ditawarkan mulai dari Panorama Pantai Sine, Sunrise yang eksotik, Cemara Sewu, Danau Cinta, Area Berenang, Bermain Sampan dan mengendarai  ATP sepanjang Pantai Sine, Perkampungan Nelayan yang khas, Area Camping, Wisata Budaya pada hari tertentu, Tempat Pelelangan Ikan, Wisata Memancing dan Wisata Kuliner Pantai Sine yang khas.   Yang lebih menyenangkan lagi memasuki area wisata Pantai Sine tidak dikenakan biaya tiket masuk, hanya membayar biaya parker saja. Untuk parker kendaraan roda empat sebesar Rp 10.000,00 dan kendaraan roda dua sebesar Rp 3.000,00 saja. Coba bayangkan irit sekali bukan?

Pantai Sine merupakan pantai yang eksotik di Tulungagung, disamping beberapa pantai disekitarnya yang tak kalah menarik, seperti Pantai Dlodo, Pantai Gemah, Pantai Sanggar, Pantai Ngalur, Pantai Patok Gebang, Pantai Kedung Tumpang, Pantai Molang, Pantai Coro, Pantai Sidem dan Pantai Lumbung. Lokasi Pantai Sine terletak di Dusun Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir. Wisata Pantai Sine berada pada 35 kilometer dari pusat kota Tulungagung. Jalur menuju lokasi Pantai Sine berupa jalur pegunungan sehingga selama perjalanan menuju Pantai Sine kita disajikan panorama keindahan khas pegunungan yang sejuk dan indah.  Pantai Sine merupakan pantai alam yang berbentuk teluk.

Di sebelah utara pantai Sine terdapat tebing yang di tebing tersebut terdapat mata air alami dan di sebelah utara pantai Sine terdapat hutan yang masih alami dan dilindungi. Tipe pantai ini adalah pantai berpasir dengan jenis pasir kuarsa hitam dan pasir besi. Pantai Sine memiliki hamparan pasir yang luas serta pantai yang indah dan alami. Pantai Sine berhadapan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki gelombang besar, sehingga bagi para pengunjung yang ingin berenang di pantai harus senantiasa waspada dan memperhatikan keselamatan.

Nama Pantai Sine memiliki keunikan, dimana nama Pantai Sine juga dijadikan nama teluk pantai ini berada yaitu Teluk Sine. Pantai Sine ini wajib dikunjungi karena memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan dengan yang lainnya, istilahnya wisata di Pantai Sine adalah paket komplit. Adapun beberapa hal yang menjadi daya tarik pengunjung ialah:

Wisata Sunrise

Sunrise Pantai Sine merupakan salah satu sun rise yang terbaik  di Tulungagung karena tidak banyak pantai di Tulungagung yang menghadap ke timur dan tidak kalah dengan sunrise pantai yang ada di Pulau Dewata Bali. Para pengunjung dapat mencari posisi terbaik yang memadukan pemandangan alam yang indah  antara pantai, sunrise dan perbukitan. Bagi yang memiliki hobby fotografi hal ini merupakan momen yang tidak ingin terlewatkan untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Sebaiknya pengunjung datang ke wisata Pantai Sine pada pagi buta dengan suasana langit yang cerah sehingga dapat menikmati sunrise di tepi pantai.

Wisata Cemara Sewu dan Danau Cinta

Selain daya tarik sunrisenya, Pantai Sine memiliki daya tarik lainnya yaitu sejuknya hutan Cemara Sewu dan Danau Cinta yang menjadi magnet bagi pengunjung. Bagi pengunjung yang tidak suka berjemur dan berpanasan, dapat menikmati keindahan pantai dengan berteduh dibawah ribuan pohon cemara. Bagi pengunjung akan suka berlama-lama karena suasananya sejuk dan asri.

Di area hutan cemara terdapat sebuah telaga yang disebut Danau Cinta. Danau cinta merupakan aliran sungai menuju ke laut, namun apabila debit tidak terlalu besar, air akan terperangkap dan tidak dapat mengalir ke laut sehingga membentuk sebuah danau di tepian pantai.  Di danau ini pengunjung dapat berenang dan bermain sampan yang disewakan oleh pengelola. Keindahan Cemara Sewu dikelola oleh kelompok sadar wisata atau Pokdarwis Sine .

Keragaman Budaya Lokal

Selain menyajikan keindahan alami Pantai Sine ini juga menyajikan keragaman budaya lokal masyarakat sekitar, seperti kesenian wayang kulit yang dipertunjukkan setiap tanggal satu suro. Ditambah lagi, Prosesi Larung Sesaji yang dipercaya warga setempat untuk mengusir semua hal-hal buruk atau pun acara mencuci atau memandikan senjata kuno seperti keris dan tombak dari para sesepuh masyarakat.

Area Bermain di Pinggir Pantai

Berwisata dipinggir pantai dapat dilakukan berbagai aktivitas menarik bagi anak-anak seperti berenang, bermain pasir pantai dan bermain bersama deburan ombak pantai tentunya dengan didampingi orang tua agar tetap aman selama berwisata. Yang tidak kalah seru adalah mengendarai ATP sepanjang pantai, biaya sewa ATP dibandrol Rp 60.000,00 per jamnya. Dijamin seru banget menendarai ATP menyusuri garis Pantai Sine.

Area Camping

Area camping terbaik yang ada di Pantai Sine adalah di sekitar tempat pelelangan ikan karena di tempat pelelangan ikan tersebut masih terdapat area yang lumayan luas dan bisa langsung menghadap ke laut saat ingin menikmati pemandangan sunrise ketika pagi hari. Hal yang menguntungkan adalah ketika terjadi hujan lebat maupun badai, maka tenda dapat dipindah ke tempat pelelangan ikan. Di area camping ini juga dilengkapi dengan fasilitas toilet dan mushola yang sangat diperlukan bagi pengunjung yang menginap.

Kampung Nelayan

Terdapat perkampungan nelayan di area pantai, dengan bentung memanjang sepanjang Pantai Sine. Berbagai aktivitas nelayan sehari-hari dapat terlihat dengan jelas, sebagian besar mata pencaharian mereka adalah mencari ikan di laut, sebagian kecil lainnya sebagai pedagang makanan dan minuman maupun sebagai pekerja yang mendukung pariwisata di Pantai Sine.

Tempat Pelelangan Ikan

Fasilitas dari Pemda berupa tempat pelelangan ikan belum beroperasi namun para nelayan sudah melakukan aktifitas jual beli ikan hasil tangkapan hasil laut dan pengunjung dapat berwisata belanja hasil laut tersebut berupa berbagai jenis ikan, udang/lobster, cumi-cumi  dan sebagainya. Komoditas tangkapan ikan laut di Pantai Sine adalah jenis ikan tuna, tongkol dan cakalang. Banyaknya perahu-perahu nelayan di Pantai Sine tidak mengurangi pemandangan indah perpaduan pantai, muara,sungai, matahari , bukit dan seberang lautan

Wisata Kuliner

Wisata kuliner di pinggir pantai menambah daya tarik wisata. Di Pantai Sine ini juga banyak ditemukan para penjual makanan dan minuman yang membuka lapak mereka di sekitar tempat pelelangan ikan dan disediakan fasilitas rumah makan sederhana oleh pemerintah setempat. Jadi para pengunjung tidak perlu merasa khawatir akan merasa lapar dan haus saat berlibut di Pantai Sine. Di area ini juga banyak dijual berbagai jenis ikan asap yang menjadi ciri khas oleh-oleh dari Pantai Sine.

Wisata Memancing

Di sepanjang pantai dan tebing di Pantai Sine merupakan tempat favorit bagi para pengunjung yang memiliki hobby memancing. Saat yang tepat untuk memancing antara pukul 3 sore sampai tengah malam, karena kecenderungan  memperoleh banyak ikan jauh lebih besar.

Fasilitas Pantai Sine

Fasilitas sarana prasarana sudah cukup lengkap sehingga kebutuhan pengunjung selama berwisata dapat terpenuhi. Adapun fasilitas-fasilitas yang disediakan diantaranya, Toilet ,  Musholla,  Taman dan Tempat Parkir yang sangat memadai.

Dukungan Pemerintah Daerah terhadap kemajuan pariwisata khususnya di Pantai Sine sangat besar, ini ditunjukkan dengan dilakukannya perbaikan jalan menuju Pantai Sine dan sekarang masyarakat sudah bisa menikmati fasilitas umum tersebut. Adanya jalan tersebut agar warga dan pengunjung  pantai bisa dengan mudah dan nyaman mengunjungi pantai yang indah tersebut. Pemkab Tulungagung bertekat untuk terus membangun sarana dan prasarana, utamanya akses jalan untuk meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat Tulungagung, utamanya menggalakkan wisata yang mampu menyerap tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran. Selain itu perbaikan jalan, upaya lain yang dilakukan adalah pemasangan lampu penerang jalan, hingga penambahan fasilitas toilet hingga Tempat Pelelangan Ikan di lokasi Pantai Sine.

Adapun rute menuju lokasi wisata Pantai Sine yaitu dari arah pusat kota Tulungagung wisatawan dapat lewat ke arah Sumbergempol atau arah menuju Kota Blitar, sampai perempatan Gragalan belok kanan menuju Kecamatan Kalidawir. Sampai di pasar Kalidawir belok ke kanan mengikuti jalan sampai menemukan lokasi Pantai Sine. Untuk lebih jelasnya dapat diakses melalui google map.

Demikian informasi seputar Pantai Sine yang dapat isomili sampaikan. Anda tertarik dan penasaran untuk mengunjungi Pantai Sine yang sarat dengan panorama keindahan alam yang nyaris sempurna? Silahkan mampir ke Pantai Sine, liburan komplit dan super irit.

Selamat liburan di Pantai Sine Ya!!